Tuesday, December 23, 2014

PERTANYAAN UNTUK K3L

Selamat sore semua...
Saya ada mau tanya mengenai K3L
Jadi begini...kebetulan saat ini saya diminta oleh Customer untuk mengirimkan data perusahaan dan juga daftar pertanyaan untuk K3L

Customer saya adalah perusahaan di bidang batubara
Nah kira2 pertanyaan untuk seputar K3L apa saja ya yang berhubungan dengan batubara?
Mohon bantuan senior2 disini
Makasih banyak loh sebelumnya

BR
Renita



Selamat malam Ibu Renita

Kebetulan saya tidak bekerja dan tidak berpengalaman mengenai lingkup K3L pada Industri Batubara.
Tetapi sabagai orang awam jika saya diberi kesempatan untuk memberikan beberapa pertanyaan terkait K3L pada industri batubara, maka saya ingin menayakan hal-hal sebagai berikut :

  1. Apa saja limbah yang dihasilkan dari kegiatan industri (pertambangan) dan pengolahan batubara dan bagaimana upaya pengendalian dan pengelolaan limbah yang dilakukan oleh perusahaan ?
  2. Kegiatan pertambangan Batubara secara langsung atau tidak langsung telah melakukan ekploitasi terhadap hasil bumi (alam), apa upaya yang dilakukan perusahaan pertambangan batubara dalam menjaga kelestarian (keseimbangan) lingkungan ?
  3. Sebutkan atau berikan beberapa contoh identifikasi potensi bahaya Kecelakaan dan Kesehatan kerja pada kegiatan industri (pertambagan batubara) ?
Mungkin, rekan-rekan AK3Umum Indonesia lainnya yang lebih memahami dan berpengalaman dalam industri batubara dapat memeberikakan tambahan pertanyaan atau masukan kepada Ibu Renita.

Saran saya Ibu Renita juga dapat memahami terlebih dahulu lingkup kegiatan K3L pada industri (pertambangan) batubara, dan saya telah upload beberapa peraturan perundangan dan kajian penelitian terkait pertambangan mineral dan batubara :

  1. UU No.4 tahun 2009 tentang, Pertambangan Mineral dan Batubara
  2. PP No.1 tahun 2014 tentang, Perubahan Kedua atas PP No.23 tahun 2010 tentang, Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan dan Batubara.
  3. Peraturan Menteri Perdangangan RI No.39/M-DAG/PER/7/2014 tentang, Ketentuan Ekpor Batubara dan Produk Batubara.
  4. Laporan Penelitian Kajian Dampak Penambangan Batubara Terhadap Pengembangan Sosial Ekonomi dan Lingkungan di Kabupaten Kutai Kertanegara.
Demikian penjelasan dari saya semoga dapat sedikit membantu Ibu Renita dalam memenuhi permintaan Customer.

Salam K3
Budi Vuurwanto

No comments:

Post a Comment