Tuesday, December 23, 2014

PROCEDURE POTENSI BAHAYA KESURUPAN

Selamat pagi AK3_Umum_Indonesia,
Kalau pak Budi selalu berbagi tentang K3, kali ini saya ingin di bagi tentang pengalaman K3 yang ada di Perusahaan Bapak dan Ibu sekalian.
 
Saya ingin tahu bagi di tempat bapak dan ibu bekerja apakah sudah ada procedure Potensi Bahaya Kesurupan??
Kalau sudah ada saya ingin di bagi tentang Procedure tersebut.

Thanks & regards
Astrou Purba


Pagi Astro
Boleh pak astro kalau berkenan tolong di share filenya atau tulisannya
di milis ini.

Kalau di tempat kerja saya mayoritas pekerjanya adalah laki-laki
yang dimana menurut saya, wanita adalah sasaran empuk dari kesurupan.
Kesurupan disebabkan juga oleh faktor psikososial seperti sedang ada konflik, stres 
dan perempuan lebih sensitif secara emosional. Termasuk dalam kasus-kasus
kesurupan massal, perempuan dianggap lebih mudah terbawa oleh suasana sehingga
lebih mudah tertular saat ada orang lain di sekitarnya yang sedang kesurupan.

Kemudian saya coba sedikit bahas mengenai hal ini.
Kesurupan atau yang kita kenal dengan kata kerasukan adalah sebuah fenomena 
di saat seseorang berada di luar kendali dari pikirannya sendiri. 
Beberapa kalangan mengganggap kesurupan disebabkan oleh kekuatan
gaib yang merasuk ke dalam jiwa seseorang.
Adapun jiwa menurut Wikipedia adalah : http://id.wikipedia.org/wiki/Jiwa
(Jiwa atau Jiva berasal dari bahasa sanskerta yang artinya benih kehidupan.
Dalam berbagai agama dan filsafat.  Jiwa adalah bagian yang bukan jasmaniah (immaterial) dari seseorang. Biasanya jiwa dipercaya mencakup pikiran dan kepribadian dan sinonim dengan roh, akal, atau awak diri.
Di dalam teologi jiwa dipercaya hidup terus setelah seseorang meninggal, dan sebagian agama mengajarkan bahwa Tuhan adalah pencipta jiwa. Di beberapa budaya, benda-benda mati dikatakan memiliki jiwa, kepercayaan ini disebut animisme.
Penggunaan istilah jiwa dan roh seringkali sama, meskipun kata yang pertama lebih sering berhubungan dengan keduniaan dibandingkan kata yang kedua. Jiwa dan psyche bisa juga digunakan secara sinonimous, meskipun psyche lebih berkonotasi fisik, sedangkan jiwa berhubungan dekat dengan metafisik dan agama.
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata jiwa memiliki arti roh manusia (yang ada di di tubuh dan menyebabkan seseorang hidup atau nyawa. Jiwa juga diartikan sebagai seluruh kehidupan batin manusia (yang terjadi dari perasaan, pikiran, angan-angan, dan sebagainya)

Salam K3
Bagoe Surendarto



Terima kasih banyak Pak Bagus buat informasinya.
Sebenarnya saya ingin mendapat masukan dari bapak dan ibu AK3U mengenai procedure Potensi Bahaya Kesurupan agar dapat kami terapkan di perusahaan kami. Kebetulan beberapa hari yang lalu ada staff karyawati di perusahaan kami mengalami kesurupan. Mendengar hal itu saya langsung kepikiran sewaktu training AK3U ada instruktur yang membahas tentang potensi bahaya kesurupan. Tetapi jujur saya tidak ingat langkah-langkah yang disampaikan oleh istruktur tersebut. Oleh karena itu saya membuat topik ini mana tau ada yang masih ingat procedure potensi bahaya kesurupan tersebut untuk dapat dibagikan ke mailis ini.

Thanks & salam K3

Astrou Purba


Dear Astro

Berikut sedikit langkah yang saya tahu mengenai apa yang menjadi topik kita kali ini.

1. Jangan panik
. Ketika kita panik, maka kita akan terfokus pada satu persoalan, bingung, takut, serta emosi yang tidak tergambarkan, akhirnya malah ikut kesurupan. Kesurupan hanyalah fenomena psikologis, bukan fenomena mistis.

2. Jauhkan orang-orang yang kesurupan satu dengan yang lainnya. Ini agar mereka tidak saling terinduksi satu dengan yang lainnya. Mengisolasi orang yang kesurupan di ruang yang tak dapat dimasuki oleh orang lain. Kita yang yang menangani, usahakan tetap dalam kesadaran penuh. Jangan sampai malah kita juga ikut
kesurupan juga.

3. Untuk menyadarkannya gunakan bahan bahan yang berbau yang di tempelkan di hidungnnya misalkan
minyak angin, balsem dan lain-lain. Atau Tekan/pijit dengan cukup keras jempol kaki (kiri dan kanan) atau jempol tangan (kiri dan kanan).


Best Regards
Bagoes Surendarto


Selamat malam AK3 Umum Indonesia

Prosedur Pengananan pekerja kesurupan, ini adalah topik menarik bagi saya.
Mengingat sebagian masyarakat kita masih percaya bahwa kesurupan merupakan gangguan mistis.
Tetapi ada juga yang menganggap kesurupan sebagai penyakit psikologis.

Karena ditempat saya sendiri belum ada Prosedur tentang penanganan karyawan kesurupan, tetapi di tahun 2013 lalu, di salah satu plant tempat saya bekerja pernah terjadi kesurupan masal dan sempat berakibat salah satu divisi produksi stop selama 3 hari.

Untuk membuat Prosedur tertulis, saya masih kurang paham untuk menjabarkan dalam bentuk SOP.

Jika ada yang memiliki Prosedur tertulisnya, silahkan untuk dishare, pasti akan sangat bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih

salam K3
Budi Vuurwanto

No comments:

Post a Comment